028 189 1614
smk_ypt_pbg_1@yahoo.co.id
Jl.May.Jend Sungkono KM 3 Purbalingga
blog-img
09/02/2021

Sosialisasi 5S Pintar Bersama Daihatsu

Miliono, S.T | Kegiatan Sekolah

PURBALINGGA-Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) sebagai salah satu kompetensi keahlian andalan SMK YPT 1 Purbalingga terus berupaya memajukan kompetensi keahliannya. Salah satunya adalah bekerja sama dengan PT. Astra Daihatsu Motor (PT.ADM) dalam program Pintar Bersama Daihatsu (PBD).

Program kerjasama tersebut sebagai upaya untuk Link and Match dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) bersama PT. Astra Daihatsu Motor bergabung sebagai sekolah binaan Daihatsu. Sebuah program yang bertujuan untuk mencerdaskan insan pendidikan di Indonesia.

Program ini menekankan pada aspek peningkatan soft skill dan hard skill sebagai kebutuhan utama di industri dan dunia kerja. Kompetensi keahlian TKRO sebagai salah satu sekolah binaan pada hari Senin, 8 Februari 2021 bertempat di lapangan footsal diadakan sosialisasi 5S dalam pelaksanaan program Pintar Bersama Daihatsu.

5S tersebut merupakan budaya industri yakni; Seiri (ringkas), Seiton (rapi), Seiso (resik), Seketsu (rawat) dan Shitsuke (rajin). 5S tersebut harus diimplementasikan di sekolah yang menjadi sekolah binaan Daihatsu.

Kegiatan yang bertema dengan implementasi 5S kita realisasikan budaya industri di sekolah diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMK YPT 1 Purbalingga. Toto Susilo H selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini tidak lepas dari kegiatan sebelumnya yakni mengikuti workhsop bersama tim PBD secara daring beberapa waktu lalu.

“Sosialisasi ini merupakan langkah yang harus dilalui sebelum dilakukannya assesment sekolah binaan Daihatsu, yang mana salah satu bobot penilaian terbesarnya adalah adanya budaya industri di sekolah yang diterapkan berikut sarana prasarana yang memadai” ungkap Toto.

Sedangkan menurut Saryono, kepala SMK YPT 1 Purbalingga menuturkan bahwa SMK YPT 1 Purbalingga sebagai satuan pendidikan vokasi harus melakukan sinkronisasi dengan industri sebagai pengguna lulusan sekolah kita.

Kepala sekolah juga menyampaikan bahwa implementasi PBD akan berjalan dinamis dan berkelanjutan saat industri mengalami perubahan, maka SMK harus bisa mengikuti perubahan tersebut. Oleh karenanya kegiatan semacam ini menjadi sangat penting diikuti seluruh warga sekolah agar nantinya bisa saling bekerjasama demi memberi manfaat bagi lulusan untuk mendapatkan kesempatan hidup yang baik melalui SMK YPT 1 Purbalingga dan menjadikan sekolah kita semakin kuat. Ungkap Saryono. [afh].

Bagikan Ke:

Populer